Home > Sains > Antartika Kering dalam 30 tahun

Antartika Kering dalam 30 tahun

Antartika
Antartika

Kering ? Apa dampaknya pada kita dan dunia ? kenapa semua orang takut akan keringnya Antartika? Apa yang harus kita lakukan untuk menanggulangi keringnya Antartika? Berbagai pertanyaan yang muncul seputar keringnya Antartika dan dampaknya. Dunia sekarang ini menanggung akibat dari exploitasi besar-besaran dalam menguras energi dunia yang berlebihan, dan berakibat sangat fatal bagi ekologi, ekosistem dari bumi ini. Kita patut waspada terhadap gejala-gejala yang timbul akhir-akhir ini. Berikut cuplikan dari inilah.com, perihal penelitian terakhir yang dilakukan terhadap Antartika

Sebanyak 80 persen es di antartika akan hilang dalam 30 tahun mendatatang. Demikian hasil penelitian terbaru mengenai dampak pemanasan global.

“Jumlah laut Antartika yang tertutup es pada saat itu hanya akan tersisa satu juta kilometer persegi,” kata peneliti AS yang mempublikasikan penelitian itu.

Pada saat ini wilayah es mencapai 4,6 juta kilometer persegi. Ilmuwan membuat proyeksi berdasarkan model perubahan es di Antartika yang menunjukkan penurunan secara dramatis pada musim panas 2007 dan 2008. Pada 2007 permukaan es bahkan tinggal 4,3 juta kilometer persegi.

Model itu menunjukkan Antartika kemungkinan hanya memiliki sebagian kecil wilayah yang mengandung es dalam 32 tahun mendatang. Sementara prediksi lain menunjukkan Antartika akan kehilangan lapisan es hanya dalam 11 tahun dari sekarang.

“Pada tahun-tahun sekarang gabungan antara peningkatan suhu secara alamiah dan yang disebabkan oleh pemanasan global, bersama-sama menyebabkan hilangnya lapisan es dalam jumlah besar,” kata James Overland dari National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA).

Overland dan penulis keduanya Muyin Wang dari University of Washington sebelumnya menghitung Antartika akan mencair sebelum akhir abad ini.

Model overland dan Wang menunjukkan es Antartika hanya akan tersisa di Utara Kanada dan Greenland. Hal itu disebabkan angin yang sangat kuat akan menghasilkan lapisan es.

sumber : inilah.com

Categories: Sains
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: